Blog of Marsela Giovani

Here This,Simple But Meaningful..

Organizational Culture and The Environmental


Organizational Culture and The Environmental sangat penting diketahui dalam pembahasan mata kuliah ini. Dalam teori tersebut dijelaskan bahwa kultur yang terjadi di dalam suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya tidakla sama meskipun perusahaan tersebut bergerak dalam bidang yang sama. Perbedaan kultur yang ada di dalam suatu perusahaan menentukan sistem manajemen yang berlaku dalam perusahaan tersebut.


Oleh karena itu, untuk mengetahui perbedaan kultur yang terjadi dalam suatu perusahaan , saya bersama kelompok telah melakukan riset mengenai perbedaan kultur yang terjadi di perusahaan besar otomotif, Ford dengan General Motor. Riset ini menjelaskan perbedaan Customers, Competitors, Suppliers, Stakeholders, Government, Pressure Groups, Economic Conditions, Global, Sociocultural, Political/ Legal Conditions, dan Technological Conditions dari masing-masing perusahaan.




Ford and General Motor



1. Ford


Ford Motor Company (atau hanya Ford atau FoMoCo) adalah sebuah produsen mobil multinasional asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Henry Ford di Detroit, Michigan dan diresmikan pada 16 Juni 1903.

a.Customers

Customer dari perusahaan Ford ini tersebar luas di negara sekitar Amerika utara, Amerika Selatan, Eropa Barat, Eropa Timur, Rusia, Asia and Australia. 3 tipe of customer: individual retail consumers, small business customers and large commercial fleet customers.

b. Competitors

Perusahaan Ford memiliki competitor besar yang sama-sama bergerak di bidang automotif, antara lain Toyota, General Motors and Volkswagen.

c. Suppliers

Ford bekerja sama dengan beberapa perusahaan yg mensupply onderdil, baik dari dalam negri maupun luar negri,terdir dari 2,000 production suppliers dan 9,000 suppliers yang menyediakan nonproduction goods and services, seperti industrial materials,computers dan advertising. Salah satunya adalah Aligned Business Framework (ABF)

d. Stakeholders

Keberadaan stakeholder dari perusaahan Ford ini terdiri dari dealers, suppliers, investors dan communities, pemerintah, dan organisasi non pemerintah yang tersebar di berbagai negara. Di Indonesia terdapat Ford Community Indonesia (FCI). Ford juga memiliki non non-manufacturing operations yang di dalamnya terdiri dari automotive finance operation Ford Motor Credit Company.

e. Government

Ford telah hadir di Indonesia sejak 1989, saat itu Ford di Indonesia diwakilkan oleh Indonesia Republic Motor Company (IRMC). PT Ford Motor Indonesia diresmikan pada bulan Juli 2000 sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Ford di Indonesia.

f. Pressure Groups

Beberapa anggota Ford Community Indonesia membeli kendaraan berbahan bakar hibrid dengan harapan dapat lebih menghemat bahan bakar sebanyak 28 mpg dibanding apabila menggunakan kendaraan berbahan bakar bensin.
Namun dalam kenyataannya, pembeli kendaraan hibrid hanya dapat menghemat 9 mpg. Kelompok tersebut sempat kecewa dan meminta penjelasan terhadap hal tersebut. Lembaga seperti Green Peace dan Environmental Protection Agency (EPA)juga mempengaruhi perusahaan Ford Indonesia untuk menghasilkan produk yang ramah lingkungan.

g. Economic Conditions

Perusahaan ini memiliki pendapatan sebesar US$ 172.455 Billion (2007), dengan total karyawan sebanyak 245,000 (2007). Ford Motor Indonesia (FMI) mencatat prestasi penjualan fantastis pada Agustus 2008. Bulan Agustus 2008, Ford membukukan penjualan 1.135 unit. Angka ini merupakan yang tertinggi dalam sejarah penjualan Ford per bulannya di Indonesia.

h. Political/ Legal Conditions

Seluruh fasilitas yang dimiliki setiap pabrik Ford di berbagai kawasan telah memenuhi persyaratan sertifikasi ISO 9000 dan ISO 14001. Dan juga keberadaan perusahaan ini di Indonesia sesuai dengan peraturan di Indonesia tentang perlindungan lingkungan hidup (UU No. 23/1997) dan perlindungan konsumen (UU No. 8/1999).

i. Sociocultural

Konsumen mengharapkan kendaraan yang memiliki bahan bahan bakar yang irit dan juga ramah lingkungan. Oleh karena itu saat ini konsumen cenderung menginginkan kendaraan berbahan bakar hibrid yang dianggap dapat lebih menghemat bahan bakar sebanyak 28 mpg dibanding apabila menggunakan kendaraan berbahan bakar bensin atau lainnya. Ford juga pernah mensponsori beberapa events and sports facilities di berbagai negara, seperti Ford Center di Oklahoma City and Ford Field di Detroit.

j. Global

Di tahun 50an, seiring dengan diperkenalkannya Ford Thunderbird, Ford Motor Company menjadi perusahaan publik. Pada saat menjadi perusahaan publik pada tanggal 24 Februari 1956, didapatkan 350,000 pemegang saham baru. Henry Ford II amat peka terhadap perkembangan ekonomi dan politik pada tahun 50an.

Sehingga pada tahun 60an FMC berkembang menjadi perusahaan dunia dengan berdirinya Ford Eropa di tahun 1967, 20 tahun sebelum terbentuknya Masyarakat Ekonomi Eropa. Ford juga mendirikan North American Automotive Operation pada tahun 1971 yang menyatukan operasi Ford di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko, lebih dari dua dekade sebelum berdirinya North American Free Trade Agreement. Kini, FMC adalah bagian keluarga besar industri otomotif yang terdiri dari merek merek terkemuka seperti; Lincoln, Mercury, Mazda, Jaguar, Land Rover, Aston Martin dan Volvo. FMC kini telah berkiprah hampir 200 tahun di industri otomotif, dan terus berkembang menjadi perusahaan global yang senantiasa berorientasi pada memproduksi mobil untuk menjawab kebutuhan konsumen yang senantiasa berubah.

k. Technological Conditions

Ford menerapkan gagasan Eli Whitney, yang mengembangkan lini perakitan pertama yang menggunakan bagian-bagian yang dapat tergantikan, yang membuatnya memungkinkan untuk membuat mobil dengan harga yang jauh lebih rendah dan dengan kepercayaan yang lebih besar dan pengulangan yang lebih besar juga. Perkembangan teknologi yang digunakan adalah sebagai berikut :

1. Ethanol Vehicles (E85) – Flexible Fuel
Pengganti bahan bakar bensin yang terbuat dari bahan baku tanaman budidaya yang diyakini dapat menghasilkan mesin dengan emisi rendah.

2. Hybrid
Intinya setiap kendaraan yang mengabungkan dua atau lebih sumber tenaga penggerak baik langsung ataupun tidak adalah sebuah hybrid. Dengan menggunakan mobil hybrid ini maka akan terjadi penghematan bahan bakar fosil sekitar 15%.

3. Biodiesel
Bahan bakar biodiesel yang telah dikembangkan sejak beberapa tahun lalu, digunakan sebagai bahan bakar alternatif, sekaligus untuk menekan polusi udara dari kendaraan bermesin diesel.

2. General Motor


General Motor adalah sebuah produsen mobil multinasional asal Amerika Serikat yang didirikan oleh William C. Durant di Detroit, Michigan pada tanggal 16
September 1908. Januari 2008, GM adalah automaker terbesar di dunia dari segi global industry sales.

a. Customer

Customer dari perusahaan General Motor ini tersebar luas di berbagai negara sekitar Amerika utara, Amerika Selatan, Eropa Barat, Eropa Timur, Rusia, Asia and Australia. Sedangkan General Motor Indonesia menghimpun market Chevrolet Blazer di Indonesia.

b. Competitors
General Motor memiliki competitor terbesar yang sama-sama bergerak di bidang automotif, antara lain Ford, Toyota, Honda, dan Volkswagen.

c. Suppliers
Beberapa perusahaan yang bekerja sama dengan General Motor antara lain adalah :
1. James Group International, Inc.
2. Chemico Systems, Inc.
3. The Bing Group
4. NYX, Inc.
5. The Ideal Group
6. Rush Trucking Corporation
7. Bridgewater Interiors, L.L.C.

e. Stakeholders
Keberadaan stakeholder dari perusaahan Ford ini terdiri dari dealers, suppliers, investors dan communities, pemerintah, dan organisasi non pemerintah yang tersebar di berbagai negara.

e. Government
Perusahaan General Motor Indonesia berdiri tahun 1993, yang melakukan joint venture antara General Motors and PT Garmak Motor, dan menjadi owned subsidiary dari General Motors tahun 1997.

f. Pressure Groups
Lembaga seperti Green Peace dan Environmental Protection Agency (EPA) mempengaruhi perusahaan General Motor untuk menghasilkan produk yang ramah lingkungan. Oleh karena itu, General Motor terus mengembangkan konsep teknologi Electric Vehicle.

g. Economic Conditions
Perusahaan ini memiliki pendapatan sebesar US$ 181.122 Billion (2007) dengan total karyawan sebanyak 284,000 (2008).

h. Political/ Legal Conditions
General Motor Indonesia berdiri tahun 1993 dan secara resmi sebagai salah satu cabang General Motors Corporation pada tahun1997. General Motor Indonesia menerima sertifikat ISO 14001 pada tahun 2002.
GM Indonesia melakukan beberapa CSR sesuai dengan adanya pengaturan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Pasal 74 UU PT No. 40/2007. Selain itu GM juga memproduksi mobil sesuai dengan peraturan di Indonesia tentang perlindungan lingkungan hidup (UU No. 23/1997) dan perlindungan konsumen (UU No. 8/1999).

i. Sociocultural
Konsumen mengharapkan kendaraan yang memiliki bahan bahan bakar yang irit dan juga ramah lingkungan. General Motor juga pernah membantu korban bencana Tsunami di Aceh, membantu membangun rumah di Sukatani pada tahun 2002 karena banjir, dan ikut dalam program donor darah pada tahun 2004.

j. Global
Perusahaan General Motor memilikif asilitas produksi di 30 negara bagian A.S. dan 32 negara seperti : General motor juga memiliki cabang perusahaan antara lain Buick, Cadillac, Chevrolet, GM Daewoo, GMC, Holden, Hummer, Opel, Pontiac, Saab, Saturn, Vauxhall, and Wuling. GM juga mempunyai bagian dalam Isuzu, Subaru, dan Suzuki di Jepang dan sebuah joint venture dengan AutoVAZ (Lada) di Rusia. Sedangkan General Motor Indonesia menghimpun market Chevrolet Blazer di Indonesia dan mengimpor Chevrolet vehicles dari Thailand (Optra and Zafira) and Korea (Aveo and Spark).

k. Technological Conditions
Perkembangan teknologi yang digunakan adalah sebagai berikut :
1. Hybrid
2. Hydrogen
3. Flexfuel dan Biofuel
4. Electric Vehicle

1 comments:

Kami dari PT. HOKA HOKI INDONESIA memberitau bahwa perusahaan kami ingin bekerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN

Service Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera)
Pengiriman Domestic antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

Customs Clearance Port
Jakarta, Semarang, Surabaya, Belawan & Port Lain nya.

Dote :
Kami tidak menerima barang-barang larangan seperti Airsoft Gun, Obat-obatan terlarang.
Kami tidak bertanggung jawab/ tidak akan mengganti kerugia apabila didapati adanya barang-barang bahaya / Larangan tersebut, dan apabila diketahui barang membahayakan maka kami akan melapor kepada pihak yang berwajib.
Kami menerima barang-barang seperti Kimia, tetapi kimia yang ada disertai MSDS (Material Safety Data Sheet).

Terima kasih atas kepercayaan nya,semoga kami dan perusahaan bpk/ibu berjalan dengan lancar.
Jika ada yang ingin dipertayakan, silah kan hubungi kami di nomor (+62 21) 2906-8484
Hp wa. 081908060678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com

= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
PT. HOKA HOKI INDONESIA
Shopping Arcade 2nd Floor B-03 Jakarta Garden City,
Jl. Raya Cakung Cilincing KM. 0,5 Jakarta Timur 13910 Indonesia
Phone : +62 21 29068484 Fax : +62 21 29068666
Email : andijm.logistics@gmail.com
Website : hokahoki.co.id

Mr. Andi JM BBM : D9CE63FD
Hp wa. 081908060678, 081385311679

 

Posting Komentar