Blog of Marsela Giovani

Here This,Simple But Meaningful..

Obesitas Ancam Masa Depan Kesehatan Anak Indonesia




JKT, 10/12 - Dari hasil penelitian yang dilakukan di empat belas kota besar di Indonesia, angka kejadian obesitas pada anak tergolong relatif tinggi, antara 10-20% dengan nilai yang terus meningkat hingga kini, tutur Dr. Damayanti R. Syarif, Sp.A(K) dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta dalam acara seminar mengenai kesehatan anak di Universitas Indonesia.


Obesitas saat ini merupakan permasalahan yang sudah lama muncul di dunia, bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendeklarasikannya sebagai epidemik global. Prevalensinya meningkat tidak saja di negara-negara maju, tetapi juga di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.


Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), obesitas merupakan keadaan indeks massa tubuh (IMT) anak yang berada di atas persentil ke-95 pada grafik tumbuh kembang anak sesuai jenis kelaminnya. Minimnya aktivitas fisik yang dilakukan oleh anak-anak jaman sekarang merupakan salah satu faktor pemicu mengapa obesitas ini kian meningkat di Indonesia. Selain aktivitas fisik, faktor makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak juga sangat berpengaruh. Saat ini, masyarakat cenderung ingin segala sesuatu yang bersifat praktis, sehingga sering kali mengonsumsi makanan cepat saji dan yang bersifat instant. Makanan tersebut biasanya mengandung lemak trans (trans fat) yang tinggi dan itu bisa menyebabkan seseorang mengalami obesitas.


”Anak-anak yang kurang aktivitas fisiknya dan sering mengonsumsi makanan yang bergizi rendah mengakibatkan dirinya memiliki bobot yang berlebih. Hal ini perlu diwaspadai karena kegemukan yang berlebih cenderung rentan mengidap berbagai penyakit mulai dari yang paling sederhana seperti gangguan pernafasan hingga penyakit yang kronis seperti diabetes, hipertensi, jantung koroner dan sebagainya”, ujar dr. Purwanti yang merupakan dokter ahli gizi. Melihat resiko tersebut maka keadaan obesitas pada anak ini tidak dapat dianggap hal sepele. Apabila penyakit-penyakit itu tidak dicegah dari sekarang, maka dapat berakibat fatal bagi kesehatan anak-anak di masa depan.


Melihat adanya dampak yang sangat buruk bagi kesehatan anak-anak yang memiliki berat badan yang berlebih, maka sudah menjadi tanggung jawab setiap orang tua untuk lebih waspada dalam memperhatikan kondisi anak-anaknya dengan memenuhi gizinya secara seimbang serta membiasakan anak-anak untuk beraktivitas fisik. Anak-anak merupakan calon penerus bangsa ini, oleh karena itu jangan sampai obesitas menghambat masa depan mereka dalam berkarya.(mgs)

2 comments:

obesitas memang sangat mengancam kesehatan anak apalagi sekarang anak gampang sekali terkena obesitas.

 

Betul, rajin mengajak anak untuk bermain atau beraktifitas diluar adalah salah satu pencegahan. Obesitas pada anak banyak unsur negatifnya juga, terutama Alergi Anak yang di dapat dari asupan makanan. Tidak memperhatikan dan tidak terkontrol, hal ini akan sangat menyiksa anak tersebut pelan-pelan

 

Posting Komentar