Blog of Marsela Giovani

Here This,Simple But Meaningful..

Analisis Film Employee of The Month

Banyak teori-teri yang berkaitan dengan komunikasi organisasi yang telah saya peroleh dalam pengajaran mata kuliah Organizational Communication. Berikut ini adalah hasil analisa saya berkaitan dengan film yang berjudul Employee of The Mont. Di dalam analisa tersebut, dijabarkan mengenai keterkaitan teori komunikasi organisasi yang ada dengan adegan-adegan yang ada di dalam film ini.

• Intisari Film Employee of The Month

Film yang berjudul Employee of The Month ini menceritakan mengenai persaingan yang dilakukan oleh dua orang pegawai yang bekerja di sebuah market bernama Super Club untuk meraih kedudukan sebagai employee of the month (pegawai terbaik bulan ini). Kedua pegawai tersebut bernama Vince dan Zack. Vince adalah pegawai yang telah menduduki jabatan lebih tinggi dibanding Zack dan secara berturut-turut telah menempati posisi sebagai employee of the month.
Pada bulan ini Zack, memiliki keinginan untuk menempati posisi tersebut ditunjukkan dengan memberikan servis terbaik kepada pelanggan yang berkunjung di dalam market. Pada akhirnya, Zack pun menang atas Vince dan terpilih sebagai employee of the month dalam persaingan tersebut. Zack berhasil menang karena Vince terbukti melakukan kecurangan dalam persaingan itu.

• Analisis Berdasarkan Teori Organizational Communication

Di dalam film Employee of the Month menyangkut mengenai bagaimana suatu proses komunikasi terjadi di dalam suatu organisasi. Berdasarkan film tersebut, organisasi yang dimaksud adalah proses komunikasi yang terjadi di dalam sebuah market dimana para pegawai bekerja.

Berikut ini adalah penjabaran mengenai adanya kaitan teori-teori organizational communication di dalam film Employee of The Month :

1. Fungsi komunikasi organisasi

Di dalam teori komunikasi organisasi, terdapat 3 fungsi penting yang perlu diperhatikan, yaitu :

a. Fungsi informatif
komunikasi berfungsi untuk meberikan informasi tertentu antara pegawai yang satu dengan yang lainnya. Contoh : di dalamn film tersebut, terdapat fungsi ini yang dimana atasan market selalu mengumpulkan pegawai-pegawainya mengenai hal-hal tertentu yang perlu disampaikan seperti pemberitahuan pegawai baru yang masuk, yaitu seorang kasir perempuan bernama Amy Renfroe.

b. Fungsi regulatif
Komunikasi berfungsi menciptakan sautu peraturan tertentu di dalam suatu organisasi.Contoh : dalam film tersebut, diberlakukannya sistem absen yang dimana pegawai tidak boleh datang terlambat melewati pukul 08.30, adanya pemakaian seragam untuk setiap pegawai.

c. Fungsi persuasif
Komunikasi berfungsi untuk mempengaruhi seseorang dalam suatu organisasi. Contoh: di dalam film tersebut, atasan mengumpulkan pegawai-pegawai untuk memberitahukan adanya pemberian penghargaan dan hadiah mobil bagi pegawai yang berprestasi bulan ini (employee of the month) dengan pemberian bintang setiap harinya yang menandakan wujud prestasi yang telah dilakukan oleh setiap pewagai.

2. Teori Human Relation School

Dalam teorti tersebut dibahas mengenai hubungan antara atasan dengan pegawai. Jika hubungan antar manusia di dalam suatu organisasi efektif, maka suasana kerja dapat mendorong semangat kerja yang terjadi di dalam organisasi tersebut. Contoh : di dalam film tersebut, atasan memiliki hubungan sosial yang baik dengan pegawai-pegawainya. Adanya penghargaan yang diberikan bagi pegawai yang berprestasi setiap bulannya. Hal tersebut memacu setiap pegawai untuk dapat mendapatkan penghargaan tersebut sehingga mendorong semangat kerja pegawai di dalam market.

3. Teori Birokrasi

Di dalam teori menjelaskan bahwa di dalam suatu organisasi terdapat pembagian jabatan dan pembagian kerja dari setiap jabatan yang ada. Contoh : di dalam film tersebut, market dimana menjadi setting utama dalam film menggambarkan pembagian jabatan dan pembagian kerja dari setiap jabatan yang ada. Ada bagian jabatan manager yang, berfungsi mengatur seluruh pegawai yang bekerja termasuk memberikan penghargaan, jabatan seksi manager (supervisor), yang berfungsi mengawasi tingkah laku para pegawai yang bekerja, jabatan kepala kasir, kasir, dan pegawai bagian gudang, security, dsb yang memiliki pembagian kerja yang masing-masing berbeda.

4. Elemen Komunikasi Organisasi

a. Proses
Organisasi bersifat terbuka dimana terjadi proseskomunikasi yang terjadi di antar pihak dalam organisasi (internal) maupun dengan pihakdi luar organisasi (eksternal). Contoh : di dalam film, komunikasi yang terjadi antara atasan yang memberikan mandat kepada pihak securtiy (internal) untuk menempelkan bintang di papan bagi pegwai yang melakukan prestasi tertentu setiap harinya. Selain itu ada proses komunikasi eksternal dimana kasir yang bekerja melayani para pelanggan di market dengan bertransaksi dalam proses pembayaran barang-barang yang dibeli.

b. Pesan
Isi pesan bermacam-macam, baik itu berupa verbal maupun non verbal. Contoh: di dalam film tersebut, penempelan bintang di papan (bentuk komunikasi non verbal) memberitahukan/ mengkomunikasikan bahwa pegawai yang bersangkutan telah mendapatkan satu prestasi pada hari tertentu. Pemberitahuan yang disampaikan atasan kepada para pegawai bahwa ada salah satu kasir yang meninggal (pesan verbal).

c. Jaringan
Adanya penyebaran informasi dari atasan kepada bawahan. Contoh: di dalam film ditunjukkan bagaimana cara atasan mengumpulkan para pegawai dalam menyampaikan suatu informasi seperti adanya pemberian penghargaan mobil bagi pegawai yang berprestasi bulan ini (downword communication). Kemudian komunikasi yang terjadi di antara pegawai yaitu di saat Zack diberitahukan temannya bernama Russel bahwa ada barang yang jatuh ke lantai dan harus segera dibersihkan olehnya. (horizontal communication).

d. Uncertainty
Suatu pesan mungkin telah sampai pada orang yang dituju namun belum tentu yang bersangkutan yang telah menerima pesan tersebut melaksanakan apa yang disampaikan di dalam pesan. Contoh di dalam film, dimana tokoh Lqbal meminta tolong Zack untuk menjaga stand bagian elektronik di dalam market tersebut. Pesan itu telah disampikan kepada Zack, namun pada kenyataannya Zack tidak sepenuhnya melakukan pesan yang telah disampaikan oleh Lqbal. Zack pergi meninggalkan market untuk mengikuti pertandingan softball. Maka hal tersebut dianggap bahwa suatu pesan yang disampaikan bersifat uncertainty (tidak pasti).

5. Komunikasi transaksi
a. Mutual Role Definition
Komunikasi terbentuk dari peran yang berhubungan satu dengan yang lainnya. Contoh : di dalam film terlihat adanya jabatan-jabatan seperti manager, supervisor, pegawai bagian gudang, kasir, dsb yang dimana memiliki kewajiban peran masing-masing.

b. The Situation
Dalam kondisi dimana seseorang memiliki peran apa yang sesuai di dalam sebuah organisasi. Contoh : di dalam film, bagian gudang lebih banyak dipegang oleh pewagai berjenis kelamin laki-laki.

c. Yourself
Bagaimana seseorang berpenampilan dalam sebuah organisasi. Contoh : di dalam film, adanya penggunaan seragam tertentu yang dipakai oleh pegawai sesuai jabatannya, seperti rompi bewarna biru untuk pegawai, pakaian seperti satpam untuk bagian keamanan.

d. Rules
Peraturan-peraturan yang ditetapkan di dalam sebuah oraganisasi. Contoh : di dalam film diceritakan dimana setiap pegawai harus hadir paling lambat pukul 08.30, dengan memasukkan kertas absen sebagai tanda kehadiran. Penggunaan seragam bagi pewagai yang wajib digunakan saat bekerja di dalam market.

6. Teori Aliran Komunikasi

Di dalam film Employee of The Month, terdapat aliran komunikasi yang berjenis secara serentak (simultaneous message dissemination). Teori ini menjelaskan dimana proses penyebaran suatu pesan dilakukan oleh satu orang dan diterima serta terjadi secara serentak pada tempat dan waktu yang sama. Contoh: di dalam film, atasan memberikan dan menyampaikan informasi secara langsung mengenai pegawai yang menerima gelar employee of the month, yaitu Zack. Hal tersebut disampaikan secara serentak oleh atasan kepada seluruh pegawai yang dikumpulkan secara menyeluruh di suatu tempat bersama-sama. Dengan begitu setiap pegawai mengetahui secara besamaan mengenai siapa yang menerima gelar sebagai employee of the month.

7. Teori Pola Komunikasi

Dalam film ini terdapat pola komunikasi yang terjadi di dalam market tersebut, yang dimana dianggap sebagai sebuah organisasi. Pola komunikasi yang terdapat dalam film adalah pola komunikasi roda (wheel). Teori pola komunikasi ini menjelaskan bagaimana penyebaran suatu informasi disebar dari 1 orang kepada orang lain secara serentak. Contoh mengenai teori ini sama seperti teori aliran komunikasi. Pola komunikasi roda menunjukkan atasan dari market selalu menyampaikan secara serentak kepada pegawai-pegawainya mengenai informasi tertentu dengan cara mengumpulkan semua pegawai di suatu tempat. Misalnya dalam hal menyampaikan berita duka cita mengenai adanya seorang kasir yang meninggal dunia. Hal tersebut langsung disebar informasinya oleh atasan kepada seluruh pegwai-pegawai market secara serentak.

8. Teori motivation

Teori motivasi yang diambil adalah teori ALDERFER’S ERG THEORY. Dalam teori tersebut diungkapkan bahwa seseorang memiliki kebutuhan-kebutuhan tertentu yang harus dipenuhi terlebih dahulu sehingga dirinya dapat melakukan suatu hal. Kebutuhan-kebutuhan tersebut mencangkup :

a. Kebutuhan dasar
Kebutuhan dasar ini meliputi makan, minum, waktu tidur yang cukup. Di dalam film, digambarkan dimana pegawai-pegawai yang bekerja di dalam market tersebut perlu memenuhi kebutuhan dasarnya tersebut sebelum melakukan kewajibannya. Zack sebagai salah satu pegawai dalam market, harus memenuhi waktu tidurnya yang kemudian harus bangun di pagi hari untuk melanjutkan pekerjaannya di market. Zack juga melakukan sarapan terlebih dahulu sebelum pergi bekerja.

b. Kebutuhan akan hubungan
Kebutuhan ini meliputi pertemanan, hubungan dengan orang lain, dan cinta kasih. Setiap manusia perlu memenuhi kebutuhannya berkaitan hal ini. Dalam film, terlihat juga dimana Zack perlu membina hubungan baik dengan pegawai lainnya dalam mencapai keinginannya untuk menjabat sebagai employee of the month. Zack juga memiliki keinginan untuk memiliki jabatan tersebut agar dapat berkencan dengan gadis bernama Amy Renfroe.

c. Kebutuhan akan eksistensi diri
Adanya penghargaan akan suatu prestasi yang telah dilakukan. Setiap pegawai di dalam film tersebut, yang berhasil mencapai prestasi tertentu akan mendapatkan tanda bintang emas. Siapa yang memiliki bintang terbanyak maka ialah yang berhak mendapatkan gelar employee of the month serta memiliki sebuah mobil. Hal tersebut semakin memicu para pegwai untuk bekerja lebih giat dalam melayani pelanggan.

0 comments:

Posting Komentar